Lima Kriteria Pemimpin Hebat

1. Hormati orang jika Anda ingin dihormati
2. Sebuah keputusan keliru lebih baik daripada keraguan
3. Jangan menyerang kecuali terpaksa
4. Ambil kesempatan dan berusaha
5. Bekerja lebih keras dari orang lain

*sumber

Kadang saya bermimpi, ada ngga sih pemimpin dengan kriteria seperti itu?? Ada sih, tapi mungkin 1 berbanding 1 juta Hahahaha..

Pemimpin sekarang kebanyakan cuma mau dijilat ( disanjung, dielu-elukan), serba ABS (Asal Bapak Senang) dan yang terparah adalah memiliki sindrom KEPEMIMPINAN gaya orde baru.

Mengutip kata Andrew Ho dalam artikelnya “Sindrom Kepemimpinan: Hotepapopu” :

Banyak pemimpin yang terserang Sindrom Hotepapopu. Hotepapopu adalah kependekan dari kata gila hormat, tepukan, panggung, popularitas dan power, serta pujian.

Sikap mereka itu karena teracuni persepsi atau penilaian yang terlalu tinggi terhadap diri mereka sendiri. Mereka tidak hanya bersikap angkuh dan gila hormat di lingkungan perusahaan tempat mereka bernaung, tetapi juga di luar lingkungan perusahaan. Misalnya mereka meminta fasilitas parkir khusus, jalur khusus (tanpa perlu antre), ruangan VVIP di kantor maupun acara-acara perusahaan, dibukakan pintu mobil dan dibawakan tas kerjanya oleh para mitra kerja, dan meminta segudang pelayanan paling istimewa lainnya. Jika berbicara di telepon selular pun mereka bersuara sangat keras, tidak akan segan-segan berkata kasar dan keras jika keinginan mereka tidak dapat dipenuhi, dan berperilaku tinggi hati lainnya.

Jadi pengen mengutip kata kata lagi nih, tapi ini kata kata dari Steven Berglas, seorang psikolog Harvard Medical School dan penulis buku The Success Syndrom :

orang yang sangat sukses tetapi karakternya lemah cenderung mengalami stres yang dapat menghancurkan hidup mereka sendiri. Berglas menyebutkan mereka akan mengidap 4 penyakit mental (4A) yang mengerikan, yaitu Arrogance (kesombongan), Alones (kesepian), Adventure seeking (senang berpetualang dengan hal-hal yang negatif), dan Adultery (perzinahan).

Hmmm.. Bisa ngga ya kita mendapatkan figur seorang pemimpin yang jauh dari penyakit SINDROM KEPEMIMPINAN & SINDROM KESUKSESAN di jaman seperti sekarang ini? Sepertinya saya harus segera tidur dan mulai bermimpi kembali..🙂

” Humility is the only true wisdom by which we prepare our minds for all the possible changes of life – Kerendahan hati merupakan satu-satunya kebijaksanaan untuk mempersiapkan pikiran guna menciptakan kemungkinan-kemungkinan perubahan dalam hidup ” ~ George Arliss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s